Thursday, January 29, 2009

Pintu Terlarang

Brownies lovers mau nonton sesuatu yang BEDA BANGET dari film-film biasa ??
Gw, kemarin, baru aja, secara tidak sengaja, terjebak, secara persuasif, akhirnya, nonton bioskop Indonesia. Based on my experience, film Indonesia itu ga perlu di tonton ampe di bioskop. Gw dan temen gw ( Hana ) akan dengan setia menunggu film Indonesia itu turun ke tipi kita....
Biasanya pas ada perayaan tertentu, langsunglah semua film baru turun ke tipi....

Pintu Terlarang
Film by Joko Anwar ini, menurut gw adalah film thriller yang 'keren', yang dibuat oleh anak bangsa sendiri.
Yang main Fachri Albar dan Marsha Timothy. Gw akan meng-elaborate keanehan2 dari film ini. Menurut gw genre film ini juga komedi juga drama. Perhatikan !!!
Jadi, seorang seniman sukses bernama Gambir ( bukan stasiun ), punya pacar bernama Talyda Sasongko, yang akhirnya berniat aborsi dan bener2 aborsi karena dia tidak ingin punya anak di luar nikah. Setelah aborsi Talyda ga pengen pisah jauh-jauh dari janin itu yang akhirnya dinamakan Arjasa, yang diperlihatkan juga bentuk janin yang menurut gw sangat sempurna dan menyeramkan. Janin itu akhirnya di taro di patung hasil bikinan Gambir, yang kebetulan patung itu patung wanita hamil, yang perutnya 'gendut'. Yup betul sekali, dia menaruh Arjasa di situ.

Tak dinyana, patung wanita hamil itu laku keras, akhirnya Gambir (terpaksa) membuat patung-patung tersebut, tentunya dengan janin-janin yang tidak sempat dilahirkan ke dunia.
Di sisi lain, Gambir ini punya masalah dalam seksualitas, yang membuat Talyda dan ibu Gambir harus berusaha keras supaya Talyda bisa hamil, O iya....gw lupa bilang kalau akhirnya mereka menikah ( secara Katolik ).
Suatu malam, tiba-tiba Gambir banyak menemukan tulisan dan suara 'tolong saya'....
Yang akhirnya diketahui bahwa di suara anak kecil yang disiksa oleh orang tuanya.

Karena penasaran, Gambir melakukan pencarian untuk bener-bener menolong anak kecil ini. Adalah Herosase, tempat dimana siapa pun yang menyukai kekerasan fisik kaya sodomi, kekerasan seksual pria wanita, ibu-ibu yang menjahit tangannya sendiri, dan anak kecil yang disiksa oleh orang tuanya. Untuk jadi anggota, harus dapet rekomendasi dari anggota lainnya. Dengan mendapat rekomendasi dari temen Gambir secara tidak sengaja, akhirnya Gambir tahu aktivitas di Herosase itu. Di situlah dia melihat bagaimana anak kecil tersebut disiksa oleh orang tuanya.

Ceritanya jadi ada kamera-kamera yang disembunyikan di tempat-tempat / rumah-rumah yang memang ada kekesaran tersebut. Makin getol lah si Gambir untuk menolong anak kecil ini.
Suatu hari, anak kecil ini muncul di tipi dengan wajah yang kaya begini nich....

Serem ga.....bukan serem sich..merinding bo....
Okay, akhirnya dengan suksesnya, anak kecil ini membunuh kedua orang tuanya pake pisau dapur. At the end, si anak bunuh diri....
Pas Gambir liat itu, secara tak sengaja (lagi) dia liat bahwa menu tipi kekerasan itu ada nama istrinya sendiri, TALYDA SASONGKO....
eee..ternyata usaha istrinya untuk hamil, sudah kelewat akal sehat...
Karena tak kunjung hamil, Talyda 'usaha' ke temen-temen Gambir sendiri...you know what I mean kan.....Pas lagi 'usaha' itu....Gambir ngeliat sendiri gimana istrinya 'main'.
Marahlah dia. Dengan inspirasi dari anak kecil itu, dia akhirnya membunuh semua orang di sekitarnya.
Yang dibunuh :
- Kedua orang temennya ( krn mau selingkuh)
-Ibunya ( yang ternyata ide untuk 'usaha' ke temen nya Gambir, adalah dari dia )
- Manajer pameran seni ( yang ternyata memeras orang-orang dalam beli patung2 hamil itu )

Masalah pintu terlarang ??? Pasti lo bertanya-tanya, krn gw belum sedikit pun menyebutkan pintu itu kan ??? Pintu yang ada di studio seni di basement rumah Gambir, dibuka, dan ternyata di dalam nya adalah rumah anak kecil yang selama ini Gambir cari.
Jangan sedih...jangan bingung...ketika Gambir melihat mayat kedua orang tua anak kecil dan anak kecil itu, mereka bertiga tiba-tiba bangun....dan bilang "kamu terlambat menyelamatkan saya".....waduh..jangan bingung....
Yang aneh lagi ternyata si ibu adalah ibunya Gambir sendiri....

Intinya...Gambir adalah anak kecil itu, yang disiksa oleh orang tuanya, membunuh mereka, dan sekarang ada di rumah sakit jiwa - Herosase....

Mungkin lo ga bingung....tapi kalo nonton...bakal bingung banget.....

Kalo lo suka film Gothika...nach film ini kaya gitu...setting nya, backsound nya, betapa creapy nya....lo pikir ini film horor...tapi bukan lho..ini film thriller....
Kalo gw bilang ini film komedi...krn ada kesalahn seorang aktor yang seharusnya sudah mati, tapi doi kelihatan bgt masih napas....pas itu seiisi bioskop ketawa semua...kan komedi bukan ?

Kalo di awal gw bilang keren, krn Fachri Albar main dengan sangat bagus....totalitas nya kelihatan banget....
Dari segi pengambilan gambar pun sangat bervariasi...ga kaya film-film Indonesia lainnya...
Setting nya pun yang di ambil di daerah seputaran Jakarta dan Bogor, itu keren banget...
Set rumah si anak kecil oke juga lho....

Yang gw suka adalah Opening title nya BAGUSSSS bgt..keren..serasa liat film luar negeri....

Akhirnya gw tahu, film Indonesia sekarang makin bagus aja, walaupun kadang masih banyak kesalahan2 yang orang awam pun tahu..kalo itu cacat....

Pesan moral gw adalah : punya anak itu adalah berkah dari Yang Maha Kuasa, sayangilah dia, jangan disiksa. Terus, pintu itu menurut gw adalah luka berat yang tidak bisa dihilangkan dan dibati dengan obat merah atau Betadine.... Luka itu bisa menyeruak dan membuat masalah baru...makanya pintu itu harus terus dikunci supaya tidak menjadi garam bagi luka itu.
Bahasa Indonesia nya kalo lo melukai pintu ( hati ) orang, itu akan terus ada di sana, jangan salahkan dia kalau pintu luka itu terbuka, luka itu akan berbalik ke lo dan orang lain.....
Lebih ringkes nya lagi : Sayangilah sesamamu...!!

Pesan dari gw : Jangan nonton sendiri.....soalnya begitu keluar...lo akan merasa bego...sama seperti yang gw dan temen-temen gw alami... tentunya krn keanehan2 yang ada di film ini.

3 comments:

joe ber said...

Jika kita baca buku “Kenapa Berbikini Tak LAnggar UU Pornografi,” (ada di gramedia) maka yang menolak UU POrn seharusnya mendukung, sebalilknya yang mendukung seharusnya menolak. Kenapa bisa begitu? Dunia memang sudah terbolak-balik. Biar kita tidak terbolak-balik juga, maka buku di atas sangat penting tuk dibaca.

F.B.I said...

Ehmm..kaya nya komen nya nyasar dech...
Yang pasti gw nge bahas soal film Pintu Terlarang, yang sama sekali ga ada porno-porno nya....
Malah berdarah-darah gitu...

Tapi...makasih dech...udah komen...
Hehehe..piss...

zeph said...

belom nonton filmnya sih, tapi saya udah baca novelnya. sepertinya versi novel sama filmnya beda interpretasi cerita. yang jelas temen2 yg udah nonton film malah baru ngerti apa maksud cerita filmnya setelah saya jelasin plotnya berdasarkan versi novel. wekekekeke ^^