Thursday, May 1, 2008

Kisah - Kasih Menyontek

Bohong banget kalau seseorang mengaku ga pernah menyontek. Gw sendiri ngaku kok pernah nyontek....Tapi itu sudah lama banget. Bagi anak-anak muda kaya gw gini, nyontek adalah hal yang biasa banget, apalagi pas lagi ujian. Sebenernya bukan nya ga bisa ngerjain soal kan guys.....cuma kadang ga percaya diri aja sama jawaban dan persiapan yang lo lakukin semalam itu kan? Apa sich pentingnya dari nyontek? Selain dag-dig-dug takut ketahuan sama yang ngawas, nyontek itu ga bakal buat lo menjadi maju akan segala hal. Contohnya dalam setiap pengambilan keputusan dalam hidup lo misalnya. Lo ga akan yakin akan keputusan lo kan? iya ga? coba di cek sekarang. Esensi dari sebuah ujian itu sebenernya bukan untuk nge-tes apa lo bisa ngapalin materi ujian itu kan? cuma untuk menguji, apakah kita mendengarkan dan nyimak waktu dosen/ guru lagi di depan nerangin semuanya. Percaya dech ga ada orang bodoh, yang ada orang malas dan ga PeDe. Kalau mau nambahin doktrin agama, katanya kalau kita nyontek berarti melanggar aturan Surga yang ke..... Berarti kalau kita melanggar pasti kita akan kena sanksi nya kan? Cuma kadang lo ga tahu aja, kapan sanksi itu muncul atau hadir.

Tapi kalau nge-liat cara temen-temen gw nyontek, gw suka ngakak sendiri dan suka geleng-geleng kepala. Bukan nya sombonk, tapi prinsip gw yang sangat teguh untuk tidak nyontek dari kecil. Mudah-mudah an bisa gw aplikasikan ke anak-anak gw nanti. Amin.

Nach ini pantauan cara menyontek temen-temen gw :

1. Buat kertas kecil dengan ukuran yang bervariasi, makin kecil makin oke, biasanya ukuran nya tergantung contekan yang mau ditulis, ada dengan uk. 8 cm x 8 cm, tapi biasanya lebar nya cuma 10 cm maks.

2. Kertas kecil tadi ditulis pake tangan a.k.a tulisan tangan yang kecil pula, yang bisa dibaca sama semut-semut merah yang berbaris di dinding...haha

3. Ada yang niat banget, sampe ngetik di kertas kecil itu dengan ukuran font 4 - 4,5 ( pokoknya kecil ) dengan tipe font, Times New Roman ( karena paling bisa berubah ke bentuk font paling kecil dan masih bisa dibaca )

4. Ada yang males nulis di kertas kecil-kecil, ya udah, fotokopi aja materi ujian nya, terus di lipet-lipet sedemikian rupa sesuai dengan bagian-bagian sub-bab. Terus di simpen di kantong, di taro di sepatu, terus di injek, jadi kalo mau ngeliat, buka aja injekan kaki nya hahahahha ( agak nyindir seseorang...maap ya friend... abis lo semangat banget sich nyontek nya )

5. Buat kertas contekan kecil, lalu siapkan double tip, dan saat ujian berlangsung, pakailah jaket. Taruh kertas itu di balik jaket lo yang ga akan kelihatan kalo lo lagi nyontek kertas itu. Jadi kalo dibayangin, lo taro kertas itu di bagian paling bawah jaket, tinggal dilipet, ech keliatan dech kertasnya.

6. Tulis materi ujian, pointers aja, di meja tempat lo ujian, ga usah ribet pake pena, pakai pensil yang kelihatan jelas aja tulisan nya gitu saat lo "kebingungan cari jawaban". Jangan lupa tutupi pake badan lo saat pengawas nya ngeliatin lo dan jalan-jalan ( biasanya sok ngiter2 kelas untuk ngawas )

7. ( ini dilakukan secara teamwork ) tulis jawaban yang lo bisa dan tukeran kertas soal dengan dalih, kertas soal lo sama dia jatoh ( biasanya cari temen sebelahan, jangan jauh2, kenapa? MENURUT LO???? ) lo ambil kertas jawaban dia, dia ambil kertas jawaban lo, sipp kan...jadi dech...Tapi apesnya kalo temen lo atau partner cheating lo itu tulisan nya jelek ( hihihihi ) atau malah curhat di kertas soal, lo yang rugi bukan ?

8. ( untuk soal pilihan ganda ) partner cheating lo, pura-pura mengangkat kertas soal dia ( yang PG ), terus lo bisa liat dech kode jawaban nya.

Segitu dulu yeee....laporan pandangan mata gw....

Tapi ada pahitnya juga lho. Dan ini terjadi sama temen gw juga. Antara lain :

1. Diberikan nilai O sama yang ngawas karena ketahuan nyontek.

2. Salah jawaban karena ternyata soalnya beda-beda ( maksudnya, soal ntu ada banyak type nya dan tiap orang di acak, untuk dapet tipe yang mana, ngerti kan???? )

3. Ketahuan basah, tertangkap tangan lagi nyontek. Ketangkep nya sich no problemo, tapi malu nya sama temen-temen ( khususnya temen-temen yang berhasil nyontek tapi tak ketahuan hahahahaahahaha ) dan juga sama ortu ( karena otomatis lo bakal dipanggil sama yang punya institusi pendidikan plus harus bawa embel-embel - bukan bawa ember - orang tua lo yang lo sayang )

4. Yang paling pait, dikeluarin dari sono ( alias dari institusi pendidikan )

5. Yang paling nyebelin lagi, pasti setelah lo dikeluarin, ga ada yang mau nerima lo lagi, karena laporan kenapa lo di DO, terus akhirnya karena ga selesai skul or kul, lo terpaksa menikah ( kalo cewe ) dengan cowo yang dijodohkan sama ortu lo. Kalo cowo, lo ga akan dibeli in motor utnuk kerja ( mis. jadi SPB atau sales asuransi atau waiter ) pokoknya hidup merana dech. Ga tahu mau ngapain.

Haha....gimana??masih mau nyontek ???
Sekarang bagian nya si pengawas. Pengawas juga pernah jadi student, sooooooooo, jangan kira mereka ga tahu kalo lo mau nyontek...ssoooooooo mereka ngerti banget gerak-gerik lo yang mau nyontek.

1. Mereka pura-pura keluar kelas, tapi sebenarnya mereka lagi ngintip di daerah yang lo ga tahu.

2. Mereka pura-pura baca NOVEL, tapi sebenernya, ujung mata mereka tetep jalan lho.....

3. Mereka duduk di bangku paling belakang dari ruang ujian, terus pura-pura tidur, padahal mereka tetep sensitif sama gerak yang mencurigakan

4. Ada lagi yang lebih aneh, pura-pura tidur tapi pake kacamata RIBEN ( gelap ), padahal mereka ga tidur, tapi melek abissss buat ngeliatin lo

5. Yang paling nyebelin, ada yang senyum-senyum aja, ga negur, ga ribet, tapi langsung catet di laporan ngawas ujian, Soooooooooo ga heran kalo lo ga nerima hasil ujian lo karena di O -in

Hughhhhhh.....Kalo kata buku THE SECRET : Lo harusnya percaya sama diri lo, kalo lo bisa, karena alam sekitar lo mendengarkan, lo tinggal minta sama alam, supaya ujian lo berhasil tanpa lo harus nyontek, kalo masih kurang, lo jangan lupa berdoa supaya tahan godaan nyontek, jangan lupa juga untuk USAHA, ga guna dunk kalo lo udah minta ke alam dan Tuhan, tapi lo ga belajar. Kalo kaya gitu gw cuma bisa bilang "Antara bodoh sama polos, bedanya tipis ajeeeee"

TIPS supaya lo ga nyontek ( lagi ) :

1. USAHA

2. BELAJAR

3. BERDOA

4. PERCAYA

5. LAKUKAN SECARA BERTAHAP ( misalnya tadinya dari semua soal lo nyontekkkkk semua, sekarang cuma bagian apa nya doank gitu, entah bagian essay nya ato PG nya, jangan kemaruk )

6. JANGAN LUPA MINTA SAMA ALAM ( mbah dukun...jampi...jampi kan aku... ) ech salah itu mah alam penyanyi dangdut ya....hahahahaha

Sippp.....SUKSES YA FRIEND, untuk segala ujian lo.....

No comments: